EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nurhasanah, Atika (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
naskah atika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
naskah atika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
naskah atika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
naskah atika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
naskah atika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
naskah atika.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup SMP Muhammadiyah Suruh tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design, pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sensus. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model bermain peran dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan data tes dan non tes, data tes berupa butir soal pilihan ganda yang diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji taraf kesukaran. Metode yang digunakan yaitu pretest dan posttest, sedangkan yang non tes pengambilan dengan cara observasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji wilcoxon karena terdapat nilai ektrem pada data yang membuat data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji wilcoxon diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan nilai probabilitas < 0,05, sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan jika penggunaan model bermain peran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi klasifikasi makhluk hidup SMP Muhammadiyah Suruh tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 18:03
Last Modified: 27 Mar 2024 18:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20270

Actions (login required)

View Item View Item