UPAYA PENCEGAHAN ORANG TUA TERHADAP PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE DI LUAR PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK DI SDN BUKIT JAYA KECAMATAN SUNGAI LILIN KEBUPATEN MUSI BANYUASIN PALEMBANG SUMATERA SELATAN

Hasanah, Zainul (2024) UPAYA PENCEGAHAN ORANG TUA TERHADAP PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE DI LUAR PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK DI SDN BUKIT JAYA KECAMATAN SUNGAI LILIN KEBUPATEN MUSI BANYUASIN PALEMBANG SUMATERA SELATAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ZAINUL_HASANAH_RP-fix.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_ZAINUL_HASANAH_RP-fix.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_ZAINUL_HASANAH_RP-fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk penyalahgunaan smartphone dan pencegahan yang dilakukan orang tua terhadap anak dalam penyalahgunaan smartphone di luar pembelajaran daring di SDN Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Palembang Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial dan mengutamakan teknik pengumpulan datanya melalui observasi keadaan di sekitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas, orang tua dan siswa atau anak. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk penyalahgunaan smartphone yang terjadi pada anak atau siswa di SDN Bukit Jaya di luar pembelajaran daring adalah anak/siswa menggunakan smartphone untuk mengakses game atau menonton youtube secara berlebihan selain digunakan untuk mengerjakan soal atau jawaban dari pihak sekolah. Kedua, pencegahan yang dilakukan orang tua terhadap penyalahgunaan smartphone di luar pembelajaran daring antaranya mengarahkan anak dalam konten-konten yang positif, memberikan batasan waktu, mendampingi anak dalam menggunakan smartphone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 19:11
Last Modified: 27 Mar 2024 19:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20272

Actions (login required)

View Item View Item