PEMBINAAN KEMANDIRIAN BERIBADAH DAN AKTUALISASI DIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI MTSN 1 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Listyaningrum, Budi (2024) PEMBINAAN KEMANDIRIAN BERIBADAH DAN AKTUALISASI DIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI MTSN 1 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BUDI LISTYANINGRUM PAI- Copy.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BUDI LISTYANINGRUM PAI- Copy.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BUDI LISTYANINGRUM PAI- Copy.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BUDI LISTYANINGRUM PAI- Copy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Listyaningrum, Budi. 2023. Pembinaan Kemandirian Beribadah dan Aktualisasi Diri Pada Siswa Boarding School di MTsN 1 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skeipsi. Salatiga: Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Subqi, M. S. I. Kata Kunci: Pembinaan Kemandirian, Beribadah, Aktualisasi Diri, Boarding School Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) Mengetahui pembinaan kemandirian beribadah pada siswa boarding school di MTsN 1 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024 (2) Mengetahui pembinaan aktualisasi diri pada siswa boarding school di MTsN 1 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024 (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemandirian beribadah pada siswa boarding school di MTsN 1 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. (4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan aktualisasi diri pada siswa boarding school di MTsN 1 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif dan analisis kualitatif. Data yang diperoleh langsung melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Dan yang lain didapatkan dari sumber buku serta dokumen. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data serta verivikasi data. Triangulasi teknik dan sumber sebagai proses pengecekan keabsahan data. Peneliti mendapatkan hasil 1. Pembinaan kemandirian beribadah pada siswa boarding school di MTsN 1 Kota Magelang dilakukan dengan memberikan ketegasan atau peraturan kepada siswa boarding school untuk melaksanakan sholat berjamaah di sekolah maupun di boarding school yang jika tidak melaksanakan sholat berjamaah atau melanggar aturan akan mendapat takzir dan pembinaan kemandirian beribadah ini terdapat tahap pengarahan, tahap pembiasaan, dan tahap pengontrolan. 2. Pembinaan aktualisasi diri pada siswa boarding school di MTsN 1 Kota Magelang pada pengembangan akademis dilakukan dengan memberikan bimbel untuk siswa boarding school, membebaskan siswa dalam mengikuti ekstra di sekolah, sedangkan pada pengembangan kreativitas dan sosial dilakukan dengan menyediakan BK di sekolah untuk membantu siswa dalam mendorong pemahaman diri dan peningkatan kepercayaan diri. 3. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemandirian beribadah pada siswa boarding school MTsN 1 Kota Magelang yaitu siswa sadar pentingnya agama dalam kehidupan, sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih ada rasa malas pada siswa untuk beribadah. 4. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan aktualisasi diri pada siswa boarding school MTsN 1 Kota Magelang yaitu memiliki kepribadian yang cukup baik, sedangkan faktor penghambatnya yaitu jauh dari orang tua yang membuat siswa kurang dukungan atau motivasi dari orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 20:07
Last Modified: 27 Mar 2024 20:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20275

Actions (login required)

View Item View Item