PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PENGURUSAN KARTU ANTAR KERJA 1 (AK-1) DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SEMARANG

Rahmawan, Muhamad Rafy (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PENGURUSAN KARTU ANTAR KERJA 1 (AK-1) DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
A1 SKRIPSI RAFY BISMILLAH.pdf

Download (8MB)
[img] Text
A1 SKRIPSI RAFY BISMILLAH.pdf

Download (8MB)
[img] Text
A1 SKRIPSI RAFY BISMILLAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan; (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat; (3) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pengurusan kartu antar kerja 1 (AK-1)di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang mengurus kartu antar kerja 1 (AK-1) di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang dengan jumlah sampel 97 masyarakat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa Skala kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat yang dibuat sendiri oleh penulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan hitung SPSS for windows 25. Sebelum dilakukan uji analisis, penulis melakukan uji prasyarat terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokesdasitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kualitas pelayanan di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang mendapatkan kategori skor sedang sebesar 66%. (2) Tingkat kepuasan masyarakat pada pengurusan kartu antar kerja (AK-1) di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang mendapatkan kategori skor sedang sebesar 64%. (3) Nilai t hitung sebesar 15.958 > t-tabel 1.661 atau berdasarkan nilai signifikansi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan. Sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat bersifat positif dan signifikan,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 20:39
Last Modified: 27 Mar 2024 20:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item