Pengaruh Bantuan Pangan Non Tunai, Program Keluarga Harapann, dan Zakat Terhadap Pemgentasan Kemiskinan dengan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Variabel Moderasi di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019-2021

anggraini, Indri (2024) Pengaruh Bantuan Pangan Non Tunai, Program Keluarga Harapann, dan Zakat Terhadap Pemgentasan Kemiskinan dengan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Variabel Moderasi di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INDRI ANGGRAINI FEBI (ES) 172.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah yang tinggi dan berhak mendapatkan Bantuan Sosial. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Zakat terhadap kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah dengan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel moderating. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang berasal dari lembaga terkait seperti BPS, Dinas Sosial, BAZNAS, dan Lembaga-lembaga pendamping Bansos. Data yang digunakan yaitu data Panel dari 35 Kabpuaten/Kota pada tahun 2019-2021. Populasi penelitian ini yaitu seluruh Kabputen/Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah penerima Bansos BPNT, PKH, dan Zakat. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengambil sampel dengan cara sampel jenuh dimana sampel ini mengambil sampel keseluruhan dari populasi. Alat analisis yang digunakan menggunakan Eviews. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Program Bantuan Pangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Program Keluarga Harapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Zakat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Program Bantuan Pangan yang dimoderasi oleh pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Program Keluarga Harapan yang dimoderasi oleh pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Zakat yang dimoderasi oleh pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 20:52
Last Modified: 27 Mar 2024 20:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item