PEMBINAAN KONSISTENSI BERIBADAH DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SMA NEGERI 1 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Almutawakkil, Naufal Hilmy (2024) PEMBINAAN KONSISTENSI BERIBADAH DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SMA NEGERI 1 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
2X.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Almutawakkil, Naufal. 2023. Pembinaan Konsistensi Beribadah dan Sikap Patriotisme Pada Siswa SMA Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mudzakir Muhlisin. M.Phil. Kata Kunci: Konsistensi Beribadah dan Sikap Patriotisme Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan pembinaan konsistensi beribadah pada siswa SMAN 1 Getasan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mendeskripsikan pembinaan sikap patriotisme pada siswa SMAN 1 Getasan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan konsistensi beribadah dan sikap patriotisme pada siswa SMAN 1 Getasan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu, pendekatan kualitatif jenis deskriptif, yang bersumber dari data primer antara lain: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pendidikan agama, guru PPKN, dan siswa serta data sekunder. Teknik pengumpulan data antara lain: wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data, penyajian teknik analisis dijabarkan sebagai berikut: data reduktif, data display, Conclusion Verification. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasih sumber dan triangulasih teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Pembinaan Konsistensi Beribadah pada Siswa SMA Negeri 1 Getasan, Kabuptaten Semarang ditunjukkan dengan adanya shalat berjama’ah, beribadah sesuai agama siswa, kegiatan keputrian dihari jum’at, membacakan asmaul husna sebelum belajar. Ciri khas pembinaan konsistensi beribadah di SMA Negeri 1 Getasan adalah adanya sarana ruangan atau tempat ibadah masing-masing agama bagi siswa. Metode yang digunakan yaitu pembiasaan dan keteladanan Hasilnya siswa melaksanakan Ibadah secara taat dan continue. (2) Pembinaan Sikap Patriotisme pada Siswa SMA Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang ditunjukan dengan adanya kegiatan upacara bendera, ekstrakulikuler pramuka, intrakulikuller mata Pelajaran PPKN melalui metode dakwah, mengundang sumber seperti KORAMIL untuk meningkatka atau memotivasi siswa dan mengikuti organisasi seperti OSIS. Hasilnya banyak siswa yang secara sadar mengikuti tata tertib yang diatur oleh sekolah, memiliki sikap kritis, bertanggung jawab, kepedulian di lingkungan sekolah. (3) Faktor pendukung pembinaan konsistensi beribadah dan sikap patriotisme yaitu adanya dukungan dari sekolah yang berusaha penuh dalam pembinaan konsistensi beribadah dan sikap patriotisme dan menciptakan antusias dari siswa SMA Negeri 1 Getasan (4) faktor penghambat yaitu kurangnya pembinaan dari luar lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung, dan rasa jenuh siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 21:13
Last Modified: 27 Mar 2024 21:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item View Item