PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2022)

Nugraheni, Lisa Tri (2024) PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_LISA_TRI_N_140.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_LISA_TRI_N_140.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nugraheni, Lisa Tri 2024. Pengaruh Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2022. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1 Akuntansi Syariah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Nur Huri Mustofa, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komisaris independen, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2018-2022. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan perusahaan. Komisaris independen mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilik an manajerial mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak mampu memoderasi secara signifikan hubungan komisaris independen dengan nilai perusahaan ke arah negatif. Kebijakan dividen tidak mampu memoderasi secara signifikan hubungan kepemilikan manajerial dengan nilai perusahaan ke arah negatif. Kebijakan dividen mampu memoderasi secara signifikan hubungan antara ukuran perusahaan dan nilai perusahaan ke arah positif. Kata kunci: komisaris independen, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, kebijakan dividen, nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 21:16
Last Modified: 27 Mar 2024 21:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item