PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL "PASARAN" TERHADAP MINAT BELAJAR DAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SDN SIDOMUKTI 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

AJDA, AZKA AWFA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL "PASARAN" TERHADAP MINAT BELAJAR DAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SDN SIDOMUKTI 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Azka Awfa Ajda_127 .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Azka Awfa Ajda_127 .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Azka Awfa Ajda_127 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Ajda, Azka Awfa. 2023. ”Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Tradisional “Pasaran” Terhadap Minat Belajar dan Minat Kewirausahaan Siswa SDN Sidomukti 03 Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Salatiga. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Permainan Pasaran, Minat Belajar, Minat Kewirausahaan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Tradisional Pasaran terhadap Minat Belajar dan Minat Kewirausahaan siswa SDN Sidomukti 03 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan(field research) dan bersifat deskriptif kuantitatif. Sementara desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian True Eksperimental Desaign yang dimana sampel penelitiannya dipilih secara acak menggunakan teknik randome sampling dengan desain penelitiannya menggunakan Pretest-Postest Control Group. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu angket minat belajar dan minat kewirausahaan dan data sekunder berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Metode Permainan Tradisional Pasaran terhadap Minat Belajar dan Minat Kewirausahaan siswa kelas IV SDN Sidomukti 03 Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dibuktikan melalui uji prasarat analisis yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu pada perhitungan hasil Uji Normalitas melalui output SPSS statistic 25 diketahui nilai signifikansi minat belajar sebanyak 0,286 > 0,05 dan minat kewirausahaan sebanyak 0,166 > 0,05, maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan, pada hasil Uji Homogenitas levene static dengan hasil angket minat belajar sebanyak 0,064 > 0,05 dan minat kewirausahaan sebanyak 0,071 > 0,05. Maka kedua data tersebut dapat dikatakan homogen. Selain itu, pada uji hipotesis dengan menggunakan Uji Independent Sample t-test didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) kedua data sebesar = 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang artinya Ha diterima. Kemudian peneliti menggunakan sampel sebanyak 54 (27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol), maka df = (54-2 = 52) dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai t tabel (+ 1.675), sedangkan t hitung minat belajar = (+ 9.010) dan t hitung minat kewirausahaan = (+ 9.563), berdasarkan hasil t hitung dan t tabel didapatkan nilai minat belajar 9.010 > 1.675 dan minat kewirausahaan 9.563 > 1.675 maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 21:40
Last Modified: 27 Mar 2024 21:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20289

Actions (login required)

View Item View Item