ANALISIS STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL QURANI JOMBOR KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN GROUNDED THEORY

Chasanah, Miswatun (2024) ANALISIS STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL QURANI JOMBOR KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN GROUNDED THEORY. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MISWATUN CHASANAH 23010190288.pdf

Download (2MB)

Abstract

Chasanah, Miswatun, 2024. Analisis Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Nurul Qurani Jombor Kabupaten Semarang Menggunakan Grounded Theory. Skripsi. Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Andi Bahtiar Semma, M.Kom. Kata kunci : strategi; menghafal Al-Qur’an; grounded theory Penelitian ini dibuat dengan tujuan mendeskripsikan strategi yang diterapkan pondok pesantren Nurul Qurani, yang di mana penelitian ini mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan juga faktor pendorong santri dalam menghafalkan Al-Qur’an, dan mendeskripsikan pembelajaran yang dilaksanakan di pondok Nurul Qurani Jombor Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang dijawab dari penelitian ini yaitu: (1) Strategi apa yang dilakukan pondok pesantren Nurul Qurani sehingga melahirkan para penghafal Al-Qur’an dengan waktu relatif singkat? (2) Program program yang membantu mendorong santri menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya (3) Bagaimana sistem pengajaran yang diterapkan di pondok Nurul Qurani? (4) Bagaimana Strategi yang akan dilakukan untuk menghadapi tantangan di masa depan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah pengurus dan santri Pondok Pesantren Nurul Qurani Jombor Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yang melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teori grounded theory yang terdapat tiga tahapan antara lain yakni: open coding; axial coding; selective coding. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; (1) strategi yang dilakukan pondok pesantren Nurul Qurani ialah menghafalkan Al-Qur’an dengan metode talaqqi, setoran hafalan langsung ke pengasuh, setoran setiap minggu dimulai minggu pertama nyeperempat, minggu kedua nyetengah, dan minggu ketiga ngejuss. (2) program yang diterapkan sebagai upaya mendorong santri dalam menghafalkan Al-Qur’an. (3) Pondok Pesantren Nurul Qurani tidak terlalu menekan dan menuntut santri, santri diberikan kebebasan untuk mengatur waktu dalam menghafalkan Al-Qur’an maka dibuatlah jam wajib dan jam bebas. (4) dalam menghadapi perkembangan zaman, pondok Nurul Qurani menyesuaikan dengan kebutuhan santri. Seperti dibebaskannya penggunaan hp di jam bebas dengan tetap patuh terhadap peraturan pondok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 10:43
Last Modified: 28 Mar 2024 10:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item