UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB TERHADAP SAUDARA, TEMAN DAN TETANGGA DENGAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IXC DI MTS TERPADU AL- MUSTAQIM TIMPIK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Muflihaturrohmah, (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB TERHADAP SAUDARA, TEMAN DAN TETANGGA DENGAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IXC DI MTS TERPADU AL- MUSTAQIM TIMPIK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Mufidatulrohmah23010190183.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Mufidatulrohmah23010190183.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Mufidatulrohmah23010190183.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Mufidatulrohmah23010190183.pdf

Download (7MB)

Abstract

Muflihaturrohmah, 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Adab Terhadap Saudara, Teman Dan Tetangga Dengan Metode Role Playing Dan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IX C Di MTS Terpadu Al-Mustaqim Timpik Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Adab Terhadap Saudara, Teman dan Tetangga, Metode Role Playing dan Media Flashcard Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi adab terhadap saudara, teman dan tetangga dengan metode Role Playing dan media Flashcard pada siswa kelas IXC MTs Terpadu Al Mustaqim timpik, kabupaten semarang tahun ajaran 2023/224. Dikarenakan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa masih terbilang rendah atau dibawah KKM yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus penelitian. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX C MTS Terpadu Al-Mustaqim, Timpik yang terdiri dari 23 peserta didik, dimana 6 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Data ini diambil dengan menggunakan lembar tes, dokumentasi, (lembar observasi guru dan lembar obsevasi siswa) dan wawancara. Data analisis dilihat dari kriteria ketuntasan klasikal yaitu jumlah peserta didik tuntas belajar dalam kelas 85% dengan KKM 70. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa. Metode Role Playing dan media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi adab terhadap saudara, teman dan tetangga pada peserta didik kelas IX C MTs Terpadu Al-Mustaqim, Timpik tahun ajaran 2023/2024. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada tahap siklus I yang semula terdapat 10 peserta didik dengan presentase 43,47% yang tuntas nilai KKM dan peserta didik yang tuntas meningkat jumlahnya menjadi 16 peserta didik dengan presentase 69,56% pada siklus II, kemudian dilanjutkan dengan penelitian siklus III meningkat menjadi 20 peserta didik yan tuntas dengan presentase 86,95%. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa presentase siklus III telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%, maka pembelajaran akidah akhlak materi adab terhadap saudara, teman dan tetangga dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 15:17
Last Modified: 28 Mar 2024 15:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20303

Actions (login required)

View Item View Item