PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI BUNYI APA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA FLASH-CARD PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SEMESTER 1 MI YASPI 6 BAYEMREJO KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Maeardani, Arista (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI BUNYI APA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA FLASH-CARD PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SEMESTER 1 MI YASPI 6 BAYEMREJO KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skipsi fikss Arista Mawardani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mawardani, Arista. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Bunyi Apa Menggunakan Metode Problem Based Learning (Pbl) dengan Media Flascard pada Peserta Didik Kelas 1 Semester I Mi Yaspi 6 Bayemrejo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024. Skipsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Problem Based Learning Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode problem besed learning (PBL) dengan media flascard pada siswa kelas I Semester I di MI Yaspi 6 Bayemrejo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024 materi bunya apa dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah penggunaan metode problem based learning dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi bunyi apa pada peserta didik kelas 1 semester I MI Yaspi 6 Bayemrejo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 15 siswa kelas I MI Yaspi 6 Bayemrejo Kabupaten Ngawi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengematan serta tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Modul Ajar, soal tes siswa, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Pengumpulan infoermasi melalui observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data yang dilakukan yaitu membandingkan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan klasikal dan individual. Hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I MI Yaspi 6 Bayemrejo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024 menunjukkan banwa penggunaan metode problem based learning dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dibuktikan dengan siklus sebelum penggunaan metode problem based learning dengan media flascard hanya 33% (5 siswa tang tuntas) rata-rata 57. Pada kegiatan siklus I menunjukan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebanyak 47% (7 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 68. Pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan klasikal mencapai sebanyak 87% (13 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 83. Sehingga hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 40%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 17:19
Last Modified: 28 Mar 2024 17:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item