KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 GETASAN KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Afrianingrum, Vita (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 GETASAN KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
VITA AFRIANINGRUM_23070190065_SKIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
VITA AFRIANINGRUM_23070190065_SKIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
VITA AFRIANINGRUM_23070190065_SKIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Afrianingrum, Vita. 2023. Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check Berbantuan LKPD Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 3 Getasan Kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Pair Check: LKPD; Pemahaman Konsep Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran pair check berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 3 Getasan kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024 pada materi bilangan desimal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design (desain eksperimen semu). Desain penelitiannya adalah the non-equivalent posttest-only control group design. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yang akhirnya terpilih dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 menggunakan model pembelajaran pair check berbantuan LKPD, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran pair check berbantuan LKPD efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 3 Getasan kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024 pada materi bilangan desimal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t test. Dari hasil uji Independent sample t test pada Equal Variances Assumed diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05, yang artinya ada perbedaan rata-rata nilai posttest pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 69,27 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 57,13, dimana hasil nilai posttest pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 17:27
Last Modified: 28 Mar 2024 17:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item