EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMATIKA SMP NEGERI 2 DUKUN TAHUN AJARAN 2023/2024

Afiatun, Ima (2024) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMATIKA SMP NEGERI 2 DUKUN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi ima afiatun.pdf

Download (5MB)
[img] Text
skripsi ima afiatun.pdf

Download (5MB)
[img] Text
skripsi ima afiatun.pdf

Download (5MB)
[img] Text
skripsi ima afiatun.pdf

Download (5MB)
[img] Text
skripsi ima afiatun.pdf

Download (5MB)
[img] Text
skripsi ima afiatun.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe teams games tournament materi aritmatika terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Dukun. Hal ini ditentukan dengan hasil rata-rata posttest siswa yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament untuk kelas eksperimendan siswa kelas kontrol yang menggunakan model problem based learning (model konvensional) pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental dengan desain posttest only control group design. Sampel yang digunakan 54 siswa yang terdiri dari dua kelas dengan setiap kelas terdiri dari 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan angket siswa. Data diolah menggunakan teknik analisis data dengan bantuan SPSS 25.0 yaitu berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan t-hitung 0,896 < t-tabel 1,675 di mana t-tabel adalah nilai mutlak. H0 diterima dan Ha ditolak karena nilai signifikansi 0,375 > 0,05. Yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata data angket respon siswa kelas eksperimen berada pada kategori tinggi (0,70) dan kelas kontrol pada kategori tinggi juga (0,70). Rata-rata data observasi siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi (3,50) dan kelas kontrol pada kategori tinggi (3,13), sedangkan untuk rata-rata data observasi guru kelas eksperimen masuk kategori sangat tinggi (3,33) dan kelas kontrol masuk kategori sangat tinggi juga (3,31). Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament tidak efektif terhadap hasil belajar siswa materi aritmatika SMP N 2 Dukun tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 18:53
Last Modified: 28 Mar 2024 18:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item