PENGARUH PELAKSANAAN KELAS DIGITAL TERHADAP PENGGUNAAN KOSA KATA BAKU DAN TIDAK BAKU PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Asyiah, Arifa Endah (2024) PENGARUH PELAKSANAAN KELAS DIGITAL TERHADAP PENGGUNAAN KOSA KATA BAKU DAN TIDAK BAKU PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ARIFA ENDAH ASYIAH NIM. 23040190027 (Skripsi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
ARIFA ENDAH ASYIAH NIM. 23040190027 (Skripsi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
ARIFA ENDAH ASYIAH NIM. 23040190027 (Skripsi).pdf

Download (8MB)

Abstract

Asyiah, Arifa Endah. 2023. Pengaruh Pelaksanaan Kelas Digital Terhadap Penggunaan Kosa Kata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaitah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M. Pd. Kata Kunci: Kelas Digital, Kosa Kata Baku, Tidak Baku. Tujuan pada penelitian ini ialah guna mengetahui pengaruh pelaksanaan kelas digital terhadap penggunaan kosa kata baku dan tidak baku pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Boyolali tahun ajaran 202/2023. Metode penelitian ini memakai metode tes, wawancara dan pengamatan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen memakai true exsperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini yakni pengaruh pelaksanaan kelas digital dan variabel terikat pada penelitian ini ialah penggunaan kosa kata baku dan tidak baku. Populasi penelitian ini siswa kelas III MI Bani Adam Boyolali yang berjumlah 130 dan Siswa kelas III MI Kopen Kapurancak Teras Boyolali berjumlah 44 sedangkan sampel penelitian ini yakni siswa kelas III A MI Bani Adam dengan jumlah 30 dan siswa kelas III A MI Kopen yang berjumlah 28. Hasil analisis data dan pembahasan yang dilaksanakan bahwasanya penggunaan kelas digital berpengaruh terhadap penggunaan kosa kata baku dan tidak baku . Hal ini terlihat berdasarkan hasil uji t-test kosa kata baku dengan taraf signifikansi 5% didapat t hitung (3,055) > t tabel (2,000) dan nilai sig. (0,003) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig < 0,05 memperlihatkan kosa kata baku kedua kelompok berbeda secara signifikan. Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata (mean) post-test hasil belajar kosa kata baku siswa pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan kelas digital dalam penggunaan kosa kata baku mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,33 sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan media konvensional mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74,64. hasil uji t-test kosa kata tidak baku dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung (3,588) > t tabel (2,00-) dan nilai sig. (0,001) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig < 0,05 . Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata (mean) post-test hasil belajar kosa kata tidak baku dengan nilai rata-rata (mean) post-test hasil belajar kosa kata tidak baku siswa pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan memakai kelas digital mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84,00 sedangkan kelompok kontrol yang memakai media konvensional mendapatkan nilai rata-rata sebesar 73,21.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 19:03
Last Modified: 28 Mar 2024 19:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20323

Actions (login required)

View Item View Item