IMPLEMENTSI PENDIDIKAN KEIMANAN DAN KONSISTEN BELAJAR PADA SISWA DI MTs DARUL ULUM SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Arifah, Syayidatul (2024) IMPLEMENTSI PENDIDIKAN KEIMANAN DAN KONSISTEN BELAJAR PADA SISWA DI MTs DARUL ULUM SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SYAYIDATUL ARIFAH 23010190231.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan keimanan dan konsisten belajar di MTs Darul Ulum Suruh, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan keimanan dan konsisten belajar pada siswa di MTs Darul Ulum Suruh tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan yang menggambarkan kondisi secara subjektif dan objektif. Sumber data yang didapat berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru agama, waka kesiswaan dan 5 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pendidikan keimanan pada siswa di MTs Darul Ulum Suruh diterapkan melalui kegiatan berikut: menjalakan ibadah mahdhah, dengan: 1) penerapan kalimat syhadat dengan taqwa 2) sholat dzuhur berjamaah 3) puasa, serta ibadah ghairu mahdhah dengan: 1) dzikir 2) Infaq 3) belajar 4) ziarah kubur 5) membaca Al Quran 6) memperingati hari besar Islam. Selain ibadah juga menanamkan akhlak yang baik, yaitu dengan: 1) bicara sopan 2) menghormati guru 3) disiplin. Kedua, implementasi konsisten belajar diterapkan dalam bentuk: 1) kontinuitas belajar 2) memanejemn waktu belajar 3) niat belar 4) tekun belajar. Ketiga, faktor pendukung penerapan pendidikan keimanan yaitu meliputi: 1) perhatian orang tua terhadap pembiasaan anaknya 2) peran guru untuk siwa 3) adanya motivasi dari siswa 4) lingkungan yang baik. Sedangkan faktor penghambat penerapan pendidikan keimanan yaitu meliputi : 1) latar belakang siswa 2) teman yang kurang baik 3) munculnya rasa malas. Keempat, faktor pendukukng penerapan konsisten belajar yaitu meliputi: 1) perhatian orang tua 2) suasana belajar yang mendukung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 19:50
Last Modified: 28 Mar 2024 19:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item View Item