TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBERIAN UANG PENSIUN ISTRI UNTUK NAFKAH SUAMI YANG BERPOLIGAMI SIRRI (STUDI KASUS DI KECAMATAN SURUH)

Ayatiya, Taliya (2024) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBERIAN UANG PENSIUN ISTRI UNTUK NAFKAH SUAMI YANG BERPOLIGAMI SIRRI (STUDI KASUS DI KECAMATAN SURUH). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TALIYA AYATIYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ayatiya, Taliya. 2023. Pemberian Uang Pensiun Istri Untuk Nafkah Suami Yang Berpoligami Sirri Di Tinjau Dari Kompilasi Hukum Islam. Skripsi. Fakultas Syari’ah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Erkham Maskuri M.S.I. Kata Kunci: Uang Pensiun, Nafkah, Poligami, KHI Perihal nafkah merupakan satu bagian paling penting dari banyaknya hak dan kewajiban yang harus didapatkan dan dipenuhi dalam menjalankan pernikahan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemberian uang pensiun yang diperoleh oleh istri pensiun yang dipoligami suaminya secara sirri serta hidup terpisah dari awal pernikahan, dan uang tersebut digunakan untuk menghidupi dirinya sendiri ketika belum menikah lagi dan dijadikan sumber nafkah untuk keluarga keduanya karena suami tersebut tidak memiliki pekerjaan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian adalah metode penelitian hukum empiris. Dimana menjadikan perilaku sosial masyarakat sebagai kajian dari Penelitian ini yang dibuktikan dalam kenyataan atau dapat dirasakan menggunakan panca indera, dengan gejala sosial dan berkaitan dengan perilaku manusia. Adapun sumber penelitian ini adalah seorang pensiunan perempuan sebagai istri, suami yang berpoligami dan istri kedua yang dinikah sirri. Selanjutnya untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi pada objek penelitian dengan mengumpulkan informasi-informasi seputar objek tersebut dan meninjau pada literatur terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan melakukan wawancara antara peneliti dengan narasumber. Kemudian untuk teknik dan analisis menggunakan di lakukan reduksi dan klasifikasi data selanjutnya data ditampilkan secara deskriptif dan dianalisis dengan mengkaji ulang berdasarkan logika dan peraturan yang ada kemudian di deskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan terkait pemberian uang pensiun istri untuk suami. Kemudian untuk kesesuaian perihal kewajiban pemberian nafkah dari suami yang berpoligami sebagai bagian dari pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban antar suami istri, namun pada kasus ini perihal uang dari istri pertama sebagai pensiunan yang diberikan untuk suaminya dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi serta nafkah pada keluarga keduanya. Dan suami melakukan poligami sirri dengan alasan untuk merawat orang tuanya. Dalam hal ini peneliti mnganalisis berdasarkan beberapa peraturan dari KHI, menggunakan stereotip masyarakat terhadap perempuan, kesetaraan gender dalam hal keadilan dan poligami dengan hasil perilaku yang terdapat dalam kasus ini belum menerapkan ketetapan hukum, karena hukum yang sudah ada belum bisa mengontrol kehidupan sehari-hari keluarga tersebut serta penerapan kesetaraan gender dalam keadilan berpoligami belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2024 21:02
Last Modified: 28 Mar 2024 21:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item View Item