ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN METODE POLYA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF CANDIREJO TAHUN AJARAN 2023/202

SAPHIRA, SABILLA SAFA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN METODE POLYA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF CANDIREJO TAHUN AJARAN 2023/202. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SABILLA_SAFA_SAPHIRA_23040180017[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
SABILLA_SAFA_SAPHIRA_23040180017[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
SABILLA_SAFA_SAPHIRA_23040180017[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
SABILLA_SAFA_SAPHIRA_23040180017[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V MI Ma’arif Candirejo dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tiga siswa kelas V dengan kualifikasi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek dengan klasifikasi tinggi mampu menggunakan empat langkah pemecahan masalah dengan sangat baik. Subjek mampu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan mengevaluasi kembali jawaban. (2) Subjek dengan klasifikasi sedang mampu menggunakan empat langkah pemecahan masalah dengan cukup baik. Subjek mampu memahami soal, akan tetapi dalam menuliskan informasi dari apa yang diketahui masih kurang lengkap. Subjek juga mampu membuat rencana penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian, namun pada salah satu penyelesaian subjek melakukan kesalahan. Subjek juga mampu mengevaluasi kembali jawaban penyelesaian. (3) Subjek dengan klasifikasi rendah belum mampu menggunakan empat langkah pemecahan masalah. Subjek belum mampu memahami masalah, belum mampu membuat rencana penyelesaian, tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian, dan belum mampu mengevaluasi kembali jawaban

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2024 18:23
Last Modified: 31 Mar 2024 18:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item