PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

baehaqi, Hermawan (2024) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HERMAWAN BAEHAQI 23070180054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HERMAWAN BAEHAQI 23070180054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HERMAWAN BAEHAQI 23070180054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) Pengaruh intensitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post- facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Magelang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian diputuskan kelas VIII D dan VIII E sebagai kelas uji coba dengan jumlah siswa sebanyak 64 dan kelas yang sebagai sampel adalah kelas VIII A, VIII B, VIII C yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) Sesuai kurva uji t dalam analisis regresi linear sederhana bahwa nilai t hitung 14,820 dianggap lebih besar dari t tabel 1,989. Sehingga Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Besarnya pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 87 %. Sedangkan 13 % hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2) Sesuai kurva uji t dalam analisis regresi linear sederhana bahwa nilai t hitung 25,560 dianggap lebih besar dari t tabel 1,989. Sehingga Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 87 %. Sedangkan 13 % hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 3) t hitung > t tabel (16,870 > 1,665). Ho ditolak yang artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Intensitas belajar dan disiplin belajar dapat mempengaruhi hasil belajar sebesar 98,4%. Sedangkan 1,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:03
Last Modified: 01 Apr 2024 04:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item