PENGARUH PENGANGGURAN, INVESTASI, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP KEMISKINAN (Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2022)

Wardani, radinda Mareta Siska (2024) PENGARUH PENGANGGURAN, INVESTASI, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP KEMISKINAN (Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Radinda Mareta 63020190022 ES FIX (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wardani, Radinda Mareta Siska. 2024. Pengaruh Pengangguran, Investasi, dan Indeks Pembangunan Manusia dengan Zakat sebagai Variabel Moderasi terhadap Kemiskinan (Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2022). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing : Dr. Mochlasin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengangguran, Investasi dan IPM dengan zakat sebagai variabel moderasi terhadap kemiskinan di Jawa Tengah tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang digunakan merupakan data sekunder tipe data panel yang diolah lebih lanjut menggunakan eviews 8. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pengangguran berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan. Investasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan. IPM berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan. Zakat mampu memoderasi pengangguran terhadap kemiskinan. Zakat tidak mampu memoderasi investasi terhadap kemiskinan. Serta zakat tidak mampu memoderasi IPM terhadap kemiskinan. Kata kunci : Pengangguran, Investasi, IPM, Kemiskinan, Zakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 17:00
Last Modified: 01 Apr 2024 17:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20356

Actions (login required)

View Item View Item