PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DENGAN MEDIA ANIMASI STOP MOTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI SILA-SILA PANCASILA KELAS 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rohmah, Miftahul (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DENGAN MEDIA ANIMASI STOP MOTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI SILA-SILA PANCASILA KELAS 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis All rev Pasca Ujian 270324.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tesis All rev Pasca Ujian 270324.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tesis All rev Pasca Ujian 270324.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tesis All rev Pasca Ujian 270324.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tesis All rev Pasca Ujian 270324.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tesis All rev Pasca Ujian 270324.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rohmah, Miftahul. 2023. Pengembangan Model Problem Based Learning Terintegrasi dengan Media Animasi Stop Motion untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sila-Sila Pancasila Kelas 1 Tahun Pelajaran 2023/2024. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2023. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Animasi, Stop Motion, Materi Sila-Sila Pancasila, Kelas Rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektivitas dari model pembelajaran PBL terintegrasi dengan media animasi stop motion pada sila-sila Pancasila untuk kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Rumusan masalah penelitiannya adalah: 1) bagaimana kondisi awal model PBL sebelum terintegrasi dengan media animasi stop motion dalam pembelajaran PPKn materi sila-sila Pancasila kelas 1 MI Muhammadiyah PK Blimbing Gatak Sukoharjo; 2) bagaimana desain pengembangan model PBL terintegrasi dengan media animasi stop motion pada materi sila-sila Pancasila kelas 1 MI Muhammadiyah PK Blimbing Gatak Sukoharjo; dan 3) apakah desain model PBL terintegrasi dengan media animasi stop motion efektif guna meningkatkan hasil belajar PPKn materi sila-sila Pancasila kelas 1 MI Muhammadiyah PK Blimbing Gatak Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R &D). Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Produk pengembangan yang berupa media animasi stop motion dinilai oleh para ahli, baik ahli materi maupun ahli media, dan diuji cobakan kepada 30 peserta didik kelas 1 di MI Muhammadiyah PK Blimbing Gatak Sukoharjo. Teknik uji cobanya dibagi menjadi tiga, yaitu: uji coba skala perorangan, skala kelompok, dan skala terbatas. Teknik analisis data menggunakan paired sample T test dan kemudian dilanjut n-gain score. Aplikasi pembuatan animasi stop motion menggunakan aplikasi Filmora9. Hasil penelitian membuktikan: 1) para guru kelas 1 di Jawa Tengah dalam pengajaran materi PPKn sudah menggunakan PBL namun mengalami kesusahan, dan juga belum banyak menggunakan media pembelajaran animasi. Lebih-lebih mengintegrasikan keduanya menjadi satu kesatuan; 2) Desain pengembangan produk beralur cerita lima skala PBL, dan dilakukan inovasi dengan memberikan beberapa contoh solusi (5 contoh solusi); dan 3) Produk pengembangan cukup baik digunakan dan efektif guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 pada materi sila-sila Pancasila. Hal ini didasarkan pada pairet sampel T test nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 17:04
Last Modified: 01 Apr 2024 17:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item View Item