PEMBELAJARAN ILMU QIRA'AT DI PTKIN (Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menguasai Teori dan Praktik Ilmu Qira'at di Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Salatiga)

Mas'ud, (2024) PEMBELAJARAN ILMU QIRA'AT DI PTKIN (Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menguasai Teori dan Praktik Ilmu Qira'at di Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MAS'UD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAS'UD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mas’ud “Pembelajaran Ilmu Qira’at di PTKIN (Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menguasai Teori dan Praktik Ilmu Qira’at di Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Salatiga)”. Qira'at merupakan salah satu cabang ilmu dalam Ulumul Qur'an, namun tidak banyak orang yang tertarik kepadanya, kecuali orang-orang tertentu saja, biasanya kalangan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui Bagaimana praktik pembelajaran Ilmu qira‟at di prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Salatiga, 2) Untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam menguasi teori dan praktik ilmu qira'at serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam belajar ilmu qira'at di Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Salatiga, sehingga bisa dijadikan evaluasi kedepannya agar menjadi lebih baik, 3) Untuk mengetahui upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu qira'at di prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Salatiga. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif (field research) atau penelitian lapangan, penelitian dilaksanakan dengan observasi dan wawancara secara langsung kepada mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di Universitas Islam Negeri (UIN) salatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari data informan yang telah penulis dapatkan, kemampuan mahasiswa di prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir masih ditemukan kurangnya pemahaman secara teori dan praktik ilmu qira'at. Namun secara keseluruhan mahasiswa sudah menunjukan hasil yang bagus, hal ini dibuktikan dengan skor perolehan nilai yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah ilmu qira'at pada saat tes ujian di akhir semester. Kata Kunci: Qira'at,Mahasiswa, Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 20:13
Last Modified: 01 Apr 2024 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item View Item