TINJAUAN MASLAHAH DAN MAFSADAH DALAM PRAKTIK PEMBULATAN HARGA (Studi Kasus Toko Lido Grosir cabang Menggoro, Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung)

Safaati, Nurus (2024) TINJAUAN MASLAHAH DAN MAFSADAH DALAM PRAKTIK PEMBULATAN HARGA (Studi Kasus Toko Lido Grosir cabang Menggoro, Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURUS SAFAATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safaati, Nurus. 2023. Tinjauan Maslahah dan Mafsadah Dalam Praktik Pembulatan Harga (Studi Kasus Toko Lido Grosir Cabang Menggoro, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung). Skripsi. Fakultas Syariah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Endang Sriani, S.H.I., M.H. Kata kunci: Pembulatan Harga, Maslahah dan Mafsadah Jual beli yang terjadi di toko Lido Grosir tidak jauh beda dengan jual beli di toko-toko modern lainya akan tetapi ada hal yang membedakannya yaitu penerapan pembulatan harga. Sistem pembulatan harga ini terjadi ketika nominalnya nanggung, misalnya nominal harganya Rp.17,600 maka akan dibulatkan menjadi Rp. 18.000. Adapun rumusan masalah dari skripsi ini adalah pertama, bagaiman praktik pembulatan harga jual di toko Lido Grosir cabang Tembarak. Kedua, bagaimana analisis maslahah dan mafsadah dalam praktik pembulatan harga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sumber data primer penulis memperoleh secara langsung dari objek penelitian. Sedangkan data sekunder dari artikel serta karya ilmiah yang berhubungan dengan data yang ditulis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yaitu dengan penemuan fakta-fakta penelitian yang kemudian dianalisis dan ditarik sebuah kesimpulan. Dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa praktik pembulatan harga di toko Lido Grosir terjadi ketika nominal total belanja berjumlah nanggung. Kemudian uang yang dibulatkan tersebut akan di top up ke kartu member oleh pihak kasir, hal ini berlaku bagi custumer yang sudah terdaftar menjadi member toko. Sedangkan bagi custumer non-member, karena ada pembulatan harga dari total belanjannya mereka dapat membuat kartu member dengan gratis. Dari praktik pembulatan yang terjadi di toko Lido Grosir terdapat maslahah dan mafsadah. Adapun maslahahnya yaitu berupa pertama bagi pihak toko, menghidarkan mereka dari sulitnya mencari uang receh. Kedua bagi custumer member, uang yang dibulatkan tersebut dapat dikumpulkan ke dalam kartu member, yang kemudian dapat ditukarkan dengan voucher atau barang-barang yang sudah tertera di depan kasir. Ketiga bagi custumer nonmember, mereka dapat membuat kartu member dengan gratis. Kemudian terdapat mafsadah yakni tidak adanya transpransi dari pihak toko mengenai penyaluran uang yang dibulatkan dari custumer nonmember.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 20:50
Last Modified: 01 Apr 2024 20:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

View Item View Item