PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI AL-QUR’AN DAN SUNAH SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII I DI SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

HIDAYAH, CHAFIDHOH NURUL (2024) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI AL-QUR’AN DAN SUNAH SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII I DI SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi ChafidhohNH466 New.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Chafidhoh Nurul. 2023. Peningkatan Prestasii Belajar Pendidikan iAgama Islam dan Budii Pekerti Materi Al-Qur’an dan Hadis Sebagai Pedoman Hidup Menggunakan Metode Problem Based Learning Berbantu Media Mindd Mapping Pada Siswa Kelas VII I SMP Negerii 2 Tengarann Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsii, Salatiga : Jurusan Pendidikani Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan iIlmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing ; Dra. Widyastuti, M.Pd.. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning, dan Mind Mappingg Tujuan yang hendak dicapaii dalam penelitian ini: 1).Mengetahui prestasiibelajar sebelum menggunakan metodei Problem Based Learning berbantu mediaa Mind Mapping, 2).Mengetahuiipenerapan metode ProblemmBased Learning berbantu media Mind Mapping,dan 3).Mengetahui peningkatan prestasii belajar imenggunakan metode Problem Based Learning berbantui media Mind Mappinggdiikelas VII I SMP Negeri22 Tengaran. Penelitiannini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangi dilaksanakani dalam 2 siklus. Dengan tekniki pengumpulan datai: observasi, dokumentasi,dan tes. Penelitian inii menggunakan instrumen penelitian hasil observasiidan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningatan prestasi belajar peserta didik menggunakan metode Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping. Ditandaii dengan hasil nilaiirata-rata tes dan Mind Mapping padassiklus I memperoleh nilaii75,7 dan 81,7. Pada Siklus I pembelajaran berjalan lancar, tetapi peserta didik masih mengalami kesulitan pemahaman penggunaan metode dan media. Pada hasil nilai yang belum mencapai indikator yang ditetapkan, maka guru dan peneliti melakukan evaluasi dan disepakati dilanjutkan tindakan yaitu Siklus II. Kemudian padasSiklus II mendapatkan nilai dengan hasilirata-rata tes dan Mind Mapping memperoleh 78,9 dan 85,9. Pada Siklus II tindakan dimaksimalkan dan mengalami peningkatan pada hasil nilai tes dan hasil Mind Mapping. Hasil tersebut sudah mencapai indikatoriiyang ditetapkan, sehingga tindakan dihentikan pada Siklus II dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kelas VII I di SMP Negeri 2 Tengaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 21:18
Last Modified: 01 Apr 2024 21:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20376

Actions (login required)

View Item View Item