PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN MEDIA BUKU POP UP PENANAMAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GEDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Hilmina, Afifah Fatin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN MEDIA BUKU POP UP PENANAMAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GEDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AFIFAH FATIN HILMINA PGMI19 (4)_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AFIFAH FATIN HILMINA PGMI19 (4)_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AFIFAH FATIN HILMINA PGMI19 (4)_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AFIFAH FATIN HILMINA PGMI19 (4)_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AFIFAH FATIN HILMINA PGMI19 (4)_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AFIFAH FATIN HILMINA PGMI19 (4)_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas IV di MI Ma'arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang menggunakan metode SQ3R dan media buku Pop Up.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes, lembar observasi, lembar analisis dokumen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus persentase. Siklus dihentikan jika sudah mendapatkan 75% anak didik mencapai hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R dan media buku Pop Up berhasil meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam materi cerita pendek pada siswa kelas IV di MI Ma'arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Pada Tahun Ajaran 2022/2023. Pada tahap prasiklus mendapatkan 33,3% hasil belajar yang tuntas, sedangkan 66,6% siswa belum mencapai hasil belajar yang tuntas, dengan rata-rata nilai 63,14. Setelah siklus I, terjadi peningkatan dengan 48,14% siswa mencapai hasil belajar yang tuntas dan 51,85% siswa belummencapai hasil belajar yang tuntas, dengan rata-rata nilai 71,48. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan 96,29% siswa mencapai hasil belajar yang tuntas, dengan rata-rata nilai 89,96, dan 3,70% siswa belum mencapai hasil belajar yang tuntas. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 41,15% antara siklus I dan siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dan media buku Pop Up penanaman tumbuhan dalam penelitian tindakan kelas berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2024 14:02
Last Modified: 02 Apr 2024 14:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item