PEMBINAAN UKHUWAH ISLAMIYAH DAN PATRIOTISME PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

WULANDARI, SUSI (2024) PEMBINAAN UKHUWAH ISLAMIYAH DAN PATRIOTISME PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SUSI WULANDARI 23010190228 - Wanda Wanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SUSI WULANDARI 23010190228 - Wanda Wanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SUSI WULANDARI 23010190228 - Wanda Wanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SUSI WULANDARI 23010190228 - Wanda Wanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SUSI WULANDARI 23010190228 - Wanda Wanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUSI PAI 23010190228.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUSI PAI 23010190228.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wulandari, Susi. 2023. Pembinaan Ukhuwah Islamiyah dan Karakter Patriotsime pada Siswa Boarding School di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembinaan, Ukhuwah Islamiyah, Karakter Patriotisme Tujuan penelitian ini adalah untuk mengentahui 1) Deskripsikan dari pembinaan ukhuwah Islamiyah pada siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024. 2) Deskripsi dari pembinaan patriotisme pada siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024. 3) Analisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan ukhuwah Islamiyah dan karakter patriotisme pada siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer berupa hasil wawancara dengan bapak kepala sekolah, waka kesiswaan, pengurus boarding school (musyrif dan musyarifah), santri boarding school. Sumber data sekunder berupa dokumen dan foto kegiatan terkait pembinaan ukhuwah Islamiyah dan karakter patriotism pada siswa boarding school di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan tekni wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data menggunakan trungulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan ukhuwah Islamiyah pada siswa boarding school MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024 terdapat Ta’aruf, Tafahum, Ta’awun dan Tafakul yang diterapkan kedalam keseharian di boarding school maupun kegiatan di luar seperti melalui kegiatan Matsama boarding school, kajian kitab, kegiatan pengajian di luar maupun di dalam boarding school hingga kajian terstuktur yang dilakukan sesuai dengan jadwalnya. 2) karakter patriotisme pada siswa boarding school di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024 terciptalah karakter Cinta tanah air, berjiwa pembaharu, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, tidak mengenal kata menyerah dan putus asa, dan menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi melalui kegiatan yang berada di madrasah yang tentunya didaptkan dari Pendidikan PPKN, kemudian kepramukaan, OSIS, PMR, Tonti dan Paskibra, serta untuk kegiatan boarding school sendiri melakukan ziarah makam disetiap akhir tahun dan kunjungan ke pare guna untuk memberikan dukungan kepad semua santri boarding school supaya bersemangat dalam menekuni minatnya. 3) faktor dan pendukung ukhuwah Islamiyah dan karakter patriotisme pada siswa boarding school di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Faktor pendukungnya Internal: Fasilitas yang cukup memadai, Terciptanya rasa kekeluargaan antara guru, pengurus, dan murid sehingga tercipta hubungan yang erat selayaknya ibu dan anak, Respon guru yang responsive, Untuk mendukung program unggulan boarding school pihak madrasah mengadakan kunjungan ke kota pare dan juga berziarah setiap akhir tahun pembelajaran. faktor pendukung external yaitu: Respon masyarakat yang positif dan mendukung kegiatan yang berlangsung di boarding school, Respon positif yang medukung anaknya di dalam boarding school. Sedangkan faktor penghambatnya dari program tersebut: Penggunaan gadged yang tidak pada waktunya, Konsentrasi murid yang kurang, Pengaruh rayuan teman sebaya regular, Kurangnya minat didalam diri untuk mengikuti kegiatan boarding school, dan Respon orang tua yang kurang berpikir maju.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2024 19:47
Last Modified: 02 Apr 2024 19:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item