PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI

NAFI'AH, ALVIN (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NAFI'AH 23070190019-TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nafi’ah, Alvin. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari berjumlah 120 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 89 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui pengisian angket dan tes. Data dianalisis melalui uji prasayarat yaitu uji normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas selanjutnya dilakukan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana untuk menemukan ada atau tidak pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan seberapa besar pengaruh yang diberikan. Dari hasil uji prasyarat data yang diperoleh berdistribusi normal, mempunyai hubungan yang linear dan tidak ada gejala heteroskedastisitas. Kemudian pada hasil uji korleasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y. Dilanjutkan pada uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-3,177+0,187x. Dari hasil uji signifikasi dengan taraf signifikasi 0,05 nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,000 dimana nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga disimpulkan dalam penelitian ini terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari dengan kontribusi variabel X sebesar 36,8% terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2024 21:10
Last Modified: 02 Apr 2024 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item