PRAKTIK PERSAINGAN USAHA PENJUALAN PRODUK MS GLOW PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN UU NO. 5 TAHUN 1999 (Studi Kasus di Sosial Media Facebook)

Amiroh, Umi Nur (2024) PRAKTIK PERSAINGAN USAHA PENJUALAN PRODUK MS GLOW PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN UU NO. 5 TAHUN 1999 (Studi Kasus di Sosial Media Facebook). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (0B)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR AMIROH_33020190093 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Amiroh, Umi Nur. 2024. Praktik Persaingan Usaha Penjualan Produk MS Glow Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan UU No. 5 Tahun 1999 (Studi Kasus di Sosial Media Facebook). Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah. Fakultas Syari’ah. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Muhammad Taufiq Zam Zami, M.A. Kata Kunci: Persaingan Usaha, Hukum Ekonomi Syari’ah, UU No. 5 Tahun 1999. Persaingan usaha penjualan produk MS Glow yang ada di pasaran saat ini semakin marak dilakukan, terutama di sosial media Facebook. Salah satunya bisa dilihat dari cara mitra bisnis MS Glow yang menggunakan strategi penetapan harga jual di bawah ketentuan dari perusahaan pusat (official) untuk menarik konsumen. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana persaingan penjualan produk MS Glow di social media Facebook menurut Hukum Ekonomi Syariah dan UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif, dan merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui pengumpulan data dari wawancara dengan mitra bisnis MS Glow dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel, dokumen, dan sejenisnya. Menggunakan metode analisis induktif untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Hasil penelitian skripsi ini yaitu persaingan usaha yang terjadi antara mitra bisnis MS Glow di social media Facebook melalui strategi pemasaran produk dan penetapan harga jual di bawah ketentuan manajemen pusat MS Glow yang menyebabkan rusaknya pasar dan membuat pelaku usaha lainnya bangkrut. Kegiatan penetapan harga di bawah harga jual merupakan kegiatan yang melanggar Hukum Ekonomi Syariah sebab dalam persaingan usaha harusnya tidak menzalimi atau merugikan pihak lain dan ditemukan adanya persaingan usaha yang melanggar UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yaitu Pasal 19 di mana penjual dengan sengaja melakukan kegiatan penetapan harga di bawah standar sehingga menyebabkan monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, serta pelanggaran di Pasal 20 yang mana pelaku usaha dengan sengaja melakukan pemasokan barang dan/atau jasa dengan cara melakukan jual rugi atau menetapkan harga yang sangat rendah dengan maksud untuk menyingkirkan atau mematikan usaha pesaingnya di pasar bersangkutan sehingga dapat mengakibatkan terjadinya praktik monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2024 17:01
Last Modified: 03 Apr 2024 17:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20391

Actions (login required)

View Item View Item