STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA DI SMP IT CAHAYA UMMAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

SETIADI, ACHMAD DEDI (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA DI SMP IT CAHAYA UMMAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ACHMAD DEDI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat, mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi yang dilakukan guru PAI dan mengetahui solusi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi kendala dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila pada siswa di SMP IT Cahaya Ummat. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, dan siswa SMP IT Cahaya Ummat Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Strategi guru PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat Kabupaten Semarang: mengoptimalkan kegiatan pembiasaan dan Internalisasi dalam pembelajaran di kelas. Dampaknya strategi ini telah berhasil mengembangkan sikap-sikap positif pada siswa. Mereka menjadi lebih sadar akan pentingnya jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang mereka lakukan. 2) Faktor-faktor mendukung strategi guru PAI dalam membentuk profil pelajar Pancasila: Peran guru sebagai penggerak utama, Kerjasama dengan orang tua, Dukungan dari yayasan dan dinas pendidikan. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu penyesuaian diri dengan kurikulum yang berbeda dari sebelumnya, perubahan regulasi kurikulum yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, dan perlunya kolaborasi dan pemahaman yang sama dari para guru terkait dengan kurikulum baru. 3) Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah menyesuaikan diri dengan kurikulum baru, berkolaborasi dan berkoordinasi antar guru, serta mendapatkan dukungan dari sekolah dalam memfasilitasi dan menyampaikan perubahan regulasi kepada guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2024 20:46
Last Modified: 03 Apr 2024 20:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20394

Actions (login required)

View Item View Item