HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DENGAN SIKAP TAKZIM SISWA MAN 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Umami, Heni Khoirul (2024) HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DENGAN SIKAP TAKZIM SISWA MAN 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI KHOIRUL UMAMI_23010190142.pdf

Download (4MB)

Abstract

Umami, Heni Khoirul. 2024. Hubungan Pendidikan dalam Keluarga dan Pendidikan di Pesantren Dengan Sikap Takzim Siswa MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Pendidikan Pesantren, Sikap Takzim Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pendidikan dalam keluarga siswa, (2) bagaimana pendidikan di pesantren siswa, (3) bagaimana sikap takzim siswa, (4) hubungan antara pendidikan dalam keluarga dengan sikap takzim siswa, (5) hubungan antara pendidikan di pesantren dengan sikap takzim siswa, (6) hubungan antara pendidikan dalam keluarga dan pendidikan di pesantren dengan sikap takzim siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di MAN 1 Semarang sebanyak 323 siswa. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian sebesar 20% dari jumlah populasi yaitu 65 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan dalam keluarga siswa MAN 1 Semarang berada pada kategori baik sebanyak 49% dengan 32 siswa, kategori cukup sebanyak 48% dengan 31 siswa, dan kategori kurang 3% sebanyak 2 siswa, (2) Pendidikan di pesantren siswa MAN 1 Semarang berada pada kategori baik sebanyak 54% dengan 35 siswa, kategori cukup sebanyak 41% dengan 27 siswa, dan kategori kurang 5% dengan 3 siswa, (3) Sikap takzim siswa MAN 1 Semarang berada pada kategori baik sebanyak 37% dengan 24 siswa, kategori cukup sebanyak 54% dengan 35 siswa, dan kategori kurang 9% dengan 6 siswa, (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan dalam keluarga dengan sikap takzim siswa MAN 1 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya r hitung 0.281 > r tabel 0.244, serta nilai sig. 0.023 < 0.05, (5) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan di pesantren dengan sikap takzim siswa MAN 1 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya r hitung 0.422 > r tabel 0.244, serta nilai sig. 0.000 < 0.05, (6) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan dalam keluarga dan pendidikan di pesantren dengan sikap takzim siswa MAN 1 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai uji signifikansi sebesar 0,002, dimana nilai uji signifikansi F change < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:11
Last Modified: 04 Apr 2024 00:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20397

Actions (login required)

View Item View Item