PRAKTIK SEWA MENYEWA RUSUNAWA (RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA) PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG NOMOR 11 TAHUN 2016 DAN MASHLAHAH (Studi di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang)

Fiani, Anindiya Anggini Risti (2024) PRAKTIK SEWA MENYEWA RUSUNAWA (RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA) PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG NOMOR 11 TAHUN 2016 DAN MASHLAHAH (Studi di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Anin FIX (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Anin FIX (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Fiani, Anindiya Anggini Risti. 2024. Praktik Sewa Menyewa Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 11 Tahun 2016 dan Mashlahah (Studi di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang). Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Muhtamiroh, M.SI. Kata Kunci : Sewa Menyewa, Rusunawa ,Peraturan Daerah, Mashlahah Semakin bertambahnya jumlah penduduk dibangunlah Rusunawa di Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan tempat tinggal bagi masyarakat. Adanya Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 11 Tahun 2016 bertujuan memberikan kepastian hukum dalam pengelolaan Rusunawa agar dapat dilaksanakan secara tertib, layak huni, berkelanjutan, transparan dan akuntabel. Tetapi dalam kenyataan yang ada dilapangan masih terdapat penghuni yang diberi kesempatan tinggal di rusunawa lebih dari 2 periode. Penelitian ini bertujuan mengetahui praktik sewa menyewa rusunawa di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang, mengetahui sewa menyewa rusunawa di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 11 Tahun 2016, dan mengetahui sewa menyewa rusunawa di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur, Kabupaten Semarang perspektif mashlahah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Yuridis Empiris. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pedekatan induktif serta melakukan validasi data dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sewa menyewa rusunawa di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang tidak memenuhi ketentuan yang telah ditentukan hal ini mengenai jangka waktu penghuni dapat tinggal di rusunawa, berdasarkan analisis Peraturan Daerah sewa menyewa rusunawa di Gedanganak Ungaran Timur Kabupaten Semarang tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 11 Tahun 2016 karena bertentangan dengan ketentuan pada pasal 9 ayat (2), menurut analisis mashlahah, pengelolaan rusunawa di Rusunawa Gedanganak Ungaran Timur, Kabupaten Semarang didasarkan pada prinsip kemaslahatan bersama, hal tersebut tercermin dalam keterbukaan antara pengelola serta adanya kesempatan untuk tinggal lebih lama atau lebih dari 6 (enam) tahun bagi mereka yang memang mengalami kesulitan mendapat hunian yang tetap karena faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:28
Last Modified: 04 Apr 2024 04:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20398

Actions (login required)

View Item View Item