PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA MYSTERY PAPER PADA SISWA KELAS 4 SD ISLAM TAHFIDZ ALMAKA GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024

fahriani, maulida zulfa (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA MYSTERY PAPER PADA SISWA KELAS 4 SD ISLAM TAHFIDZ ALMAKA GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MAULIDA ZULFA FAHRIANI 23040190133 (FIKS).pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAULIDA ZULFA FAHRIANI 23040190133 (FIKS).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi wawancara siswa kelas 4 SD Islam Tahfidz Almaka Getasan tahun ajaran 2023/2024 dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Mysteri Paper. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 8-10 Agustus 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Observasi, dokumentasi dan tes tertulis digunakan sebagai metode pengumpulan data. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan membandingkan hasil belajar setiap siklus dan memunculkan kriteria ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Mystery Paper dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Islam Tahfidz Almaka Getasan. SD Islam Tahfidz Almaka Getasan menetapkan KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 70. Pada prasiklus hasil belajar Bahasa Indonesia materi wawancara terdapat 7 siswa (25%) yang tuntas dan 21 siswa(75%) yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Mystery Paper hasil belajar siswa menjadi meningkat. Adapun peningkatan pada siklus I yaitu sebanyak 12 siswa (42,85%) dinyatakan tuntas dan 16 siswa (57,15%) tidak tuntas. Rata-rata kelas pada siklus I meningkat mencapai 62,85. Siklus II hasil belajar meningkat secara signifikan. Peningkatan hasil belajar tersebut adalah terdapat 25 siswa (89,28%) dinyatakan tuntas dan 3 siswa (10,72%) tidak tuntas. Rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,21. Dengan demikian, penelitian pada siklus I dan siklus II meningkatan dan dinyatakan telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2024 17:09
Last Modified: 04 Apr 2024 17:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item View Item