BIMBINGAN KARIR DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN SURAT AL HASYR AYAT 18 DAN SURAT AL JUMU’AH AYAT 9 – 10 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR

MACHASIN, MUHAMMAD MAR'I (2024) BIMBINGAN KARIR DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN SURAT AL HASYR AYAT 18 DAN SURAT AL JUMU’AH AYAT 9 – 10 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
M. Mar'i Machasin 23080170023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena menimbang bahwa bimbingan karir sangat diperlukan dalam proses kehidupan seseorang, terkhusus mengenai karir atau pekerjan seseorang dengan tetap berpegang teguh pada pedoman agama, terutama bagi umat muslim yaitu al-Qur’an dan hadis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan karir dalam perspektif al-Qur’an surat al-Hasyr ayat 18 dan surat al-Jumu’ah ayat 9-10 dalam tafsir Ibnu Katsir. Skripsi ini adalah hasil dari penelitian kepustakaan untuk menjawab permasalahan mengenai bimbingan karir dalam ayat al-Qur’an perspektif tasfir Ibnu Katsir. Sifat dari peneltian ini adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analisis. Sesuai dengan permasalahan yang dibahas, maka pengumpulan data dilakukan dengan meneliti kitab tafsir ibnu katsir serta dibantu dengan kitab tafsir lainnya. Kemudian dianalisis menggunakan metode tematik untuk memahami isi dari penafsiran ayatayat yang membahas tentang bimbingan karir. Setelah melakukan kajian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan karir yang terkandung dalam al-Qur’an yakni surat al-Hasyr ayat 18 dan surat al-Jumu’ah ayat 9-10 dalam tafsir Ibnu Katsir terdapat nilai-nilai tentang bimbingan karir yaitu proses perencaan, dimana dalam mengambil keputusan dalam sebuah karir perlu adanya perencaan yang baik, kemudian tahap evaluasi, dalam artian untuk melihat diri kita sendiri dari potensi, bakat dan minat yang dimiliki guna menghadapi karir dimasa depan seperti yang terkandung dalam surat al-Hasyr ayat 18. Kemudian selama kita mencari, mengerjakan atau melaksanakan suatu pekerjaan (karir) kita diperintahkan untuk selalu mengingat Allah SWT, agar kita selalu mendapat pertolongan-Nya, jangan sampai kesibukan yang lakukan di dunia menjadikan kelupaan atas kewajiban untuk melaksanakan perintah-Nya sebagai bekal kehidupan yang kekal esok hari yakni kehidupan akhirat sebagaimana yang terkandung dalam surat al-Jumu’ah ayat 9-10.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2024 17:11
Last Modified: 04 Apr 2024 17:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20404

Actions (login required)

View Item View Item