IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN KETERAMPILAN PADA JAMAAH YASIN DI DESA KEMETUL KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

LAILA, HIDAYATUL (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN KETERAMPILAN PADA JAMAAH YASIN DI DESA KEMETUL KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Siap Print new.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Siap Print new.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Siap Print new.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan keagamaan dan keterampilan pada Jamaah Yasin di Desa Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2022. Fokus penelitian ini adalah implementasi, faktor pendukung, faktor penghambat.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah warga di Dusun Sipenggung. Analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah yang pertama, bentuk implementasi pendidikan keagamaan dan keterampilan pada jamaah yasin yaitu pembiasaan bacaan Ummul kitab, bacaan ayat suci Al-Qur'an, Shalawat Nabi, pembacaan Surat Yasin dilanjutkan Tahlil, pembacaan Surat Al- Waqi'ah dan Surat Al-Mulk, pembacaan Asmaul Husna beserta Do'a, Istirahat, Kultum dan diakhiri penutup atau do’a sapu jagat dan dilanjutkan pendidikan keterampilan seperti contoh pembuatan minuman herbal, pelatihan penanaman tanaman toga dan sayuran. Kedua, faktor pendukung implementasi pendidikan keagamaan dan keterampilan pada jamaah yasin yaitu adanya minat, dukungan pihak keluarga maupun dari orang lain. Ke tiga, faktor penghambatnya yaitu faktor pekerjaan dan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 16:48
Last Modified: 05 Apr 2024 16:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20416

Actions (login required)

View Item View Item