IMPLEMENTASI KEGIATAN MAKAN BERSAMA DALAM PEMBIASAAN PERILAKU POLA HIDUP SEHAT DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 SALATIGA TAHUN 2023/2024

LESTARI, WINDIYA (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MAKAN BERSAMA DALAM PEMBIASAAN PERILAKU POLA HIDUP SEHAT DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 SALATIGA TAHUN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_WINDIYALESTARI_23050190022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_WINDIYALESTARI_23050190022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_WINDIYALESTARI_23050190022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_WINDIYALESTARI_23050190022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_WINDIYALESTARI_23050190022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan makan bersama di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Salatiga. Untuk mengetahui implementasi kegiatan makan bersama dalam pembiasaan perilaku pola hidup sehat. Untuk mengetahui dampak dari implementasi kegiatan makan bersama dalam pembiasaan perilaku pola hidup sehat di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Salatiga. Dampak dari kegiatan makan bersama ini, memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif merupakan dampak yang memberikan kesan baik terhadap orang lain, contohnya anak mau makan sendiri, anak lebih gembira sedangkan dampak negatif adalah dampak yang tidak baik contohnya anak lebih memilih snack ringan, orang tua yang kurang pemahaman tentang makanan sehat. Oleh karena itu diharapkan kegiatan seperti makan bersama di sekolah, khususnya jenjang TK-PAUD dapat berjalan secara berkesinambungan di masa depan. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Salatiga Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Sumber data yang berupa data primer dan data sekunder.Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik triangulasi sumber sebagai pengecekan keabsahan data yang diperoleh melalui sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menerapkan perilaku hidup sehat dengan menyelenggarakan kegiatan makan bersama di sekolah TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Salatiga menunjukkan betapa pentingnya menanamkan kebiasaan gaya hidup sehat pada anak-anak, terutama untuk sekolah jenjang PAUD-TK dimana usia ini dianggap usia yang paling krusial untuk tumbuh kembang anak. Bentuk kegiatan makan bersama berada di tiga tempat yang berbeda yaitu di sekolah tepatnya di halaman depan, di taman dan di rumah makan seperti Rocket chiken. Implementasi yang diterapkan meliputi tata urutan mengantri sabun, mencuci tangan dengan sabun, mengelap tangan dengan kain bersih, duduk, berdoa, makan bersama dan setelah makan mencuci piringnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 17:54
Last Modified: 05 Apr 2024 17:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item