EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING BERDASAR Q.S ALI IMRAN AYAT 139 TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM PUBLIC SPEAKING SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024

karimatuzulfa, Nida (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING BERDASAR Q.S ALI IMRAN AYAT 139 TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM PUBLIC SPEAKING SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NIDA KARIMATUZULFA 23080190059 (3).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI NIDA KARIMATUZULFA 23080190059 (3).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI NIDA KARIMATUZULFA 23080190059 (3).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI NIDA KARIMATUZULFA 23080190059 (3).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Karimatuzulfa, Nida. 2024. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Tekinik Assertive Training Berdasar Q.S Ali Imran Ayat 139 terhadap Kepercayaan diri Siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Andar Ifazatul Nurlatifah, M. Pd. I. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Assertive Training, Q.S Ali Imran Ayat 139, Kepercayaan diri dalam Public Speaking. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keadaan kepercayaan diri siswa sebelum intervensi berupa konseling kelompok dengan teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran Ayat 139 terhadap kepercayaan diri dalam public speaking sisiwa (2) mendeskripsikan keadaan siswa setelah dilakukan intervensi berupa konseling kelompok dengan teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran ayat 139 terhadap kepercayaan diri dalam public speaking (3) menganalisis efektivitas konseling kelompok dengan teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran ayat 139 terhadap kepercayaan diri dalam public speaking siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pretes-posstes One Grup Design. Subjek yang diteliti yakni siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa, dengan populasi 47 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni siswa yang tidak percaya diri dalam public speaking. Sampel yang diteliti yakni 8 siswa, yaitu 7 siswa dalam kategori percaya diri rendah, dan 1 siswa dalam kategori percaya diri sedang dengan nilai terendah. Pengambilan data menggunakan skala psikologis. Analisis data dengan menggunakan statistic deskriptif dan uji paired t-test. Hasil menunjukan bahwa: (1) Setelah dikakukan pretes, tingkat kepercayaan diri dalam public speaking siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa sebelum diberikan treatment berada pada kategori rendah, dengan kategori percaya diri rendah berjumlah 16% atau 7 siswa dari 43 responden. Serta 63% atau 27 siswa masuk dalam kategori percaya diri sedang, 19% atau 8 siswa percaya diri tinggi dan 2% atau 1 siswa pada kategori percaya diri sangat tinggi. (2) setelah dilakukanya tretment, hasil posttest meningkat skor pretest sebanyak 523 dengan rata-rata 65,375, minimum 58, maksimum 71 dan sesudah diberi intervensi sesudah diberi intervensi atau perlakuan skor posttest berjumlah 600 dengan rata-rata 96,2, minimum 61, dan maksimum 85. Terdapat 5 siswa (62,5%) dalam kategori percaya diri sedang dan 3 siswa (37,5%) masih berada pada kategori percaya diri rendah. Meskipun demikian, skor dari pretest ke posttest mengalami peningkatan signifikan, dan menunjukan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa (3) berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan paired sampel t-test dengan peroleh nilai t 3,829 dan nilai signifikan 0,006<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, yang artinya konseling kelompok dengan Teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran ayat 139 efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam public speaking ABSTRAK Karimatuzulfa, Nida. 2024. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Tekinik Assertive Training Berdasar Q.S Ali Imran Ayat 139 terhadap Kepercayaan diri Siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Andar Ifazatul Nurlatifah, M. Pd. I. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Assertive Training, Q.S Ali Imran Ayat 139, Kepercayaan diri dalam Public Speaking. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keadaan kepercayaan diri siswa sebelum intervensi berupa konseling kelompok dengan teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran Ayat 139 terhadap kepercayaan diri dalam public speaking sisiwa (2) mendeskripsikan keadaan siswa setelah dilakukan intervensi berupa konseling kelompok dengan teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran ayat 139 terhadap kepercayaan diri dalam public speaking (3) menganalisis efektivitas konseling kelompok dengan teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran ayat 139 terhadap kepercayaan diri dalam public speaking siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pretes-posstes One Grup Design. Subjek yang diteliti yakni siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa, dengan populasi 47 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni siswa yang tidak percaya diri dalam public speaking. Sampel yang diteliti yakni 8 siswa, yaitu 7 siswa dalam kategori percaya diri rendah, dan 1 siswa dalam kategori percaya diri sedang dengan nilai terendah. Pengambilan data menggunakan skala psikologis. Analisis data dengan menggunakan statistic deskriptif dan uji paired t-test. Hasil menunjukan bahwa: (1) Setelah dikakukan pretes, tingkat kepercayaan diri dalam public speaking siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa sebelum diberikan treatment berada pada kategori rendah, dengan kategori percaya diri rendah berjumlah 16% atau 7 siswa dari 43 responden. Serta 63% atau 27 siswa masuk dalam kategori percaya diri sedang, 19% atau 8 siswa percaya diri tinggi dan 2% atau 1 siswa pada kategori percaya diri sangat tinggi. (2) setelah dilakukanya tretment, hasil posttest meningkat skor pretest sebanyak 523 dengan rata-rata 65,375, minimum 58, maksimum 71 dan sesudah diberi intervensi sesudah diberi intervensi atau perlakuan skor posttest berjumlah 600 dengan rata-rata 96,2, minimum 61, dan maksimum 85. Terdapat 5 siswa (62,5%) dalam kategori percaya diri sedang dan 3 siswa (37,5%) masih berada pada kategori percaya diri rendah. Meskipun demikian, skor dari pretest ke posttest mengalami peningkatan signifikan, dan menunjukan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa (3) berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan paired sampel t-test dengan peroleh nilai t 3,829 dan nilai signifikan 0,006<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest, yang artinya konseling kelompok dengan Teknik assertive training berdasar Q.S Ali Imran ayat 139 efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam public speaking

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 18:49
Last Modified: 05 Apr 2024 18:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20423

Actions (login required)

View Item View Item