Penggunaan instagram sebagai media promosi UMKM kerajinan tembaga dan kuningan desa cepogo kecamatan cepogo kabupaten boyolali

Utomo, Muhammad Adrian Dwi (2024) Penggunaan instagram sebagai media promosi UMKM kerajinan tembaga dan kuningan desa cepogo kecamatan cepogo kabupaten boyolali. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI M. ADRIAN DWI UTOMO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Utomo, Muhammad Adrian Dwi. Pengunaan Instagram Sebagai Media Promosi UMKM Kerajinan Tembaga dan Kuningan Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Skripsi. Pembimbing: Avin Wimar Budyastomo, M.Kom. Kata kunci : Media Sosial, Promosi, Komunikasi Pemasaran Media Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Saat ini media sosial digunakan sebagai sarana media dalam berpromosi. Maka dari itu tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui (1) penggunaan Instagram sebagai media promosi UMKM kerajinan tembaga dan kuningan Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, (2) mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Instagram sebagai media promosi UMKM kerajinan tembaga dan kuningan Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, (3) mengetahui bagaimana keadaan perekonomian UMKM sebelum dan sesudah menggunakan instagram sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara kepada responden, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan Instagram sebagai media promosi UMKM kerajinan tembaga dan kuningan Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali hampir semua menggunakan aplikasi Instagram sebagai penunjang dalam kestabilitas pendapatan, (2) dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Instagram sebagai media promosi ialah luasnya pemasaran, peningkatan pendapatan dan juga penambahan karyawan untuk pengerjaan banyaknya pesanan yang di inginkan oleh pelanggan, (3) keadaan perekonomian pelaku UMKM sebelum menggunakan instagram sebagai media promosi hanya cukup untuk kebutuhan sehari hari saja tapi setelah menggunakan instagram sebagai media promosi mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan dapat meningkatkan perekonomian Desa Cepogo karena mampu meminimalisir pengangguran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2024 15:33
Last Modified: 07 Apr 2024 15:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item