PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS VIDEO PhET INTERACTIVE SIMULATIONS PADA KONSEP BILANGAN PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV

Hanafi, Ardiansyah Latif Fajar Nur (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS VIDEO PhET INTERACTIVE SIMULATIONS PADA KONSEP BILANGAN PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis upload perpus.pdf

Download (1MB)
[img] Text
tesis upload perpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ardiansyah Latif Fajar Nur Hanafi. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Video Phet Interactive Simulation Pada Materi Konsep Bilangan Pecahan Untuk Siswa Kelas IV. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, M. Pd. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis video PhET dengan materi konsep bilangan pecahan yang diajarkan di kelas IV SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencangkup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan kegiatan studi kasus dan survei lapangan. Data yang diperoleh pada tahap studi kasus kemudian dianalisis untuk membuat desain pengembangan bahan ajar. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan desain dan validasi oleh pakar dan praktisi. Hasil pengembangan bahan ajar yang sudah valid kemudian diujikan. Tahap uji coba produk memuat uji coba produk, revisi instrumen, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tegalwaton Kecamatan Tengaran yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, FGD, angket, dan dokumentasi. Proses pengembangan bahan ajar ini menggunakan model ADDIE. Produk didesain sesuai dengan analisis kebutuhan di tahap awal penelitian kemudian dikembangkan serta diuji kelayakannnya. Hasil uji validitas dari ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 83,4% dan ahli materi sebesar 91,5%. Berdasarkan hasil validasi dari kedua ahli, bahan ajar berbasis video PhET layak dan valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas bahan ajar matematika berbasis video PhET Interactive Simulation pada materi konsep bilangan pecahan ditunjukkan dari hasil perhitungan uji T terhadap nilai pretest dan postest siswa. hasil dari Paired Samples Statistics menunjukkan nilai t hitung 7,968 > t tabel 2,052 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat perubahan yang signifikan diantara data pretest dan postest, sehingga dapat ditarik simpulan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbasis video PhET Interactive Simulation pada materi konsep bilangan pecahan untuk siswa kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah menambah khazanah keilmuan, khususnya pada pengembangan bahan ajar melalui video PhET Interactive Simmulation. Kata Kunci: Bahan ajar, Matematika, PhET, Bilangan Pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2024 14:03
Last Modified: 16 Apr 2024 14:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item View Item