PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA I SUBTEMA I AKU DAN TEMAN BARU MELALUI METODE EJA DENGAN MEDIA PUZZLE KELAS I MI IMAM PURO PUCANGAGUNG PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/2023

Damayanti, Nur Octaviana Winayuning (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA I SUBTEMA I AKU DAN TEMAN BARU MELALUI METODE EJA DENGAN MEDIA PUZZLE KELAS I MI IMAM PURO PUCANGAGUNG PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Octaviana W.D_23040180092-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

W.D Octaviana, Nur. 2022. Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 Aku Dan Teman Baru memakai metode eja berbantu puzzle pada siswa kelas 1 MI Imam Puro Pucang agung Purworejo tahun pelajaran 2022/2023.Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Hesti Purnama Ariestina, S.Pd.I., M. Pd. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Metode eja berbantu puzzle Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah prestasi belajar bahasa Indonesia aku dan temanku pada kelas 1 MI Imam Puro Pucangagung Purworejo Tahun Ajaran 2022/2023 bisa ditingkatkan dengan menggabungkan metode spelling dengan media puzzle. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas satu, 10 laki-laki dan 9 perempuan, serta guru kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing berisi rangkaian kegiatan dan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. PTK Ini memakai teknik pengumpulan informasi yang disusun, lembar persepsi dan dokumentasi. Membandingkan nilai hasil belajar setiap siklus dengan peningkatan signifikan pada Ketuntasan Individu dan Kriteria Klasik dijadikan dasar analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan media puzzle dan penerapan model pembelajaran metode ejaan bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil siklus sebelum memakai metode spelling yang dibantu dengan media puzzle. Hanya 15 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKTP). Siklus I menunjukkan 55% siswa memenuhi KKTP (10 siswa tuntas dengan skor rata-rata 73), sedangkan siklus II menunjukkan 100% siswa memenuhi KKTP (19 siswa tuntas dengan skor rata- rata 93). . Dengan demikian, perolehan hasil yang diproleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 00:52
Last Modified: 17 Apr 2024 00:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item View Item