IMPLEMENTASI SIKAP RIYADHOH DAN KONTROL DIRI PADA SANTRI PUTRA DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIEN KALIBENING SALATIGA TAHUN 2022

ahad, M.sofiyyul (2024) IMPLEMENTASI SIKAP RIYADHOH DAN KONTROL DIRI PADA SANTRI PUTRA DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIEN KALIBENING SALATIGA TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui implementasi sikap riyadhoh dan kontrol diri pada santri putra pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien, 2) Mengetahui faktor apasaja yang mendukung implementasi sikap riyadhoh dan kontrol diri pada santri putra pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien, 3) mengetahui faktor apasaja yang menghambat implementasi sikap riyadhoh dan kontrol diri pada santri putra pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang disajikan berupa kata-kata yang diperoleh dan diolah berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, implementasi sikap riyadhoh dan kontrol diri pada santri putra pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien yaitu dengan mengikuti pendidikan diniyah, konsistensi sholat 5 waktu, sholat malam, puasa Nariyah, mujahadah sholawat Nariyah, dan membaca surat Waqiah dan Yasin. Kedua, faktor pendukung dalam implementasi sikap riyadhoh dan kontrol diri pada santri putra pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien meliputi adanya niat yang kuat, semangat yang tinggi, istiqomah dalam beribadah, kalangan sebaya atau lingkungan, peran pengasuh dan pengurus, pola pikir positif, dan pergaulan sosial. Ketiga, faktor penghambat dalam implementasi sikap riyadhoh dan kontrol diri pada santri putra pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien meliputi, adanya sikap malas, kurangnya tekad, mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif, pergaulan yang salah, dan sikap tidak peduli terhadap pelaksanaan syari’at agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 08:59
Last Modified: 17 Apr 2024 08:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item