PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA TAYU PATI

Naini, Lu'luatul Fajris (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA TAYU PATI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Lu'luatul Fajris Naini.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Lu'luatul Fajris Naini.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Lu'luatul Fajris Naini.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Lu'luatul Fajris Naini.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Lu'luatul Fajris Naini.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F MTs Miftahul Huda Tayu Pati pada materi bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran open-ended kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran sebelumnya. Langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sementara itu, teknik pengumpulan datanya berupa lembar observasi, tes, dan angket. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs Miftahul Huda Tayu Pati dengan total jumlah sebanyak 29 siswa perempuan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran open-ended kolaboratif mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII F Mts Miftahul Huda Tayu pada materi bangun ruang. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan jumlah siswa dan nilai rata-rata kelas yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 17 siswa (58,62%) dan siswa yang belum tuntas berjumlah 12 siswa (41,37%) dengan nilai rata-rata keseluruhan 61,03. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa (86,20%) dan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa (13,79%) dengan nilai rata-rata siswa yaitu 85,51. Melalui hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase sebanyak 27,58%. Penelitian diberhentikan pada siklus II karena hasil belajar siswa telah memenuhi ketuntasan belajar klasikal dengan persentase ≥85% maka indikator keberhasilan sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 16:40
Last Modified: 17 Apr 2024 16:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20445

Actions (login required)

View Item View Item