UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII MTS INSAN QORYAH MERAPI TLOGOLELE SELO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

, Dewi Setyowati (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII MTS INSAN QORYAH MERAPI TLOGOLELE SELO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX JILID SKRIPSI DEWI SETYOWATI 23010190388.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak aspek kognitif materi Asmaul Husna apabila metode Problem Based Instruction dikombinasikan dengan metode Project Based Learning pada siswa kelas VII MTs Insan Qoryah Merapi Tlogolele Selo Boyolali 2023/2024., yang diharapkan dapat melatih siswa dalam mengembangkan diri, melatih keaktifan dan keterampilan, melatih sikap percaya diri untuk bertanya dan mengembangkan ide atau sebuah pendapat yang dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan mutu atau pemecahan suatu masalah pada sekelompok subjek dengan mengamati tingkat keberhasilannya dan diberikan suatu tindakan lanjutan agar dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Terselesaikan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus presentase ketuntasan belajar, dinyatakan berhasil sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan metode Problem Based Instruction yang dikombinasikan dengan metode Project Based Learning daapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada siswa. Dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 31.7%. Siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 10 siswa (62,5%) dengan nilai rata-rata 76. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 15 siswa (93,75%) dengan nilai rata-rata 80.43.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2024 20:15
Last Modified: 18 Apr 2024 20:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item