PENERAPAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN ALAT PERAGA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A MTsN 1 BOYOLALI

rofiq, adib khoirul (2024) PENERAPAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN ALAT PERAGA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A MTsN 1 BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ADIB KHOIRUL ROFIQ NIM. 23060180096.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model Learning cycle 7E dengan alat peraga pada materi sistem pencernaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah dari PTK yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A MTsN 1 Boyolali dengan jumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakanan dalam penelitian ini yaitu RPP, lembar observasi siswa dan guru, dan lembar soal. Siswa dikatakan tuntas jika indikator keberhasilan kelas jika siswa yang tuntas ≥ 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan penelitian ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, saat pre test siswa sepenuhnya belum mencapai indakator keberhasilan dengan rerata 56.03. kemudian pada siklus I terdapat 34 siswa belum mencapai indikator keberhasilan sehingga rerata kelas 68.38. Akan tetapi penilaian hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan hanya belum mendapai indikator keberhasilan. Pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa yang sudah mencapai indikator keberhasilan dengan rata-rata kelas mencapai 90.74. Dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran learning cycle 7E dapat meningkatan hasil belajar siswa MTsN 1 Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2024 20:36
Last Modified: 18 Apr 2024 20:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20451

Actions (login required)

View Item View Item