POLA BIMBINGAN ISLAMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SANTRI KELAS I MADRASAH DINIYAH AL-FADHIL KARANGPAWON CANDIREJO TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

majid, Nur cholis (2024) POLA BIMBINGAN ISLAMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SANTRI KELAS I MADRASAH DINIYAH AL-FADHIL KARANGPAWON CANDIREJO TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Nur Cholis M 34.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Nur Cholis M 34.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Nur Cholis M 34.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Nur Cholis M 34.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Nur Cholis M 34.pdf

Download (2MB)

Abstract

Majid, Nur Cholis. 2024. Pola Bimbingan Islami untuk Mengurangi Perilaku Membolos Santri Kelas Satu Madin Al-Fadhil Karangpawon Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Skripsi: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Pola Bimbingan Islami, Membolos, santri Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pola Bimbingan Islami di Madrasah Diniyah Al-Fadhil Karangpawon Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang, 2) Mengetahui pola bimbingan Islami untuk mengurangi perilaku membolos santri kelas satu Madrasah Al-Fadhil Karangpawon Candirejo Tuntang, Kabupaten Semarang 3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan pola bimbingan Islami untuk mengurangi perilaku membolos santri kelas satu di Madrasah Diniyah Al-Fadhil Karangpawon Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pada subjek. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 orang santri kelas satu Madrasah Al-Fadhil, 2 orang Ustadz dan 1 Pengasuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat pola bimbingan Islami di Madrasah Diniyah Al-Fadhil yakni: Penanaman nilai-nilai keislaman, Pembinaan disiplin santri, Pembinaan mental dan emosial, serta Keterlibatan orang tua. Pelaksanaan pola bimbingan kelas 1 Madrasah diniyah Al-Fadhil juga mencakup empat poin diatas, serta dalam pelaksanaanya terdapat dua Pendekatan: secara Individu dan kelompok. Faktor pendukung dalam pola bimbingan Islami kelas 1 Madrasah Diniyah Al-Fadhil melipiuti dua: 1) faktor internal yaitu kreatifitas ustadz dalam memberikan pembelajaran bagi santri, dan 2) faktor eksternal yaitu lingkungan yang berbasis agama, dukungan dari orang tua, komitmen warga madrasah, sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pola bimbingan Islami dalam mengurangi perilaku membolos santri di Madrasah Diniyah Al-Fadhil Karangpawon Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang meliputi dua faktor: 1) faktor internal yaitu kurangnya semangat santri, santri yang sulit diatur, 2) faktor eksternal yaitu lingkungan pergaulan yang buruk, keteledoran orang tua dalam mengawasi dan membatasi santri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2024 21:02
Last Modified: 18 Apr 2024 21:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item