EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP IT CAHAYA UMMAT BERGAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024

, Elisa Nurahma (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP IT CAHAYA UMMAT BERGAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ELISA NURAHMA_23060190048_1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ELISA NURAHMA_23060190048_1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nurahma, Elisa. 2023. Efektivitas Pembelajaran Model Jelajah Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII SMP IT Cahaya Ummat Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran, Jelajah Alam Sekitar, Hasil Belajar, Ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar model Jelajah Alam Sekitar materi Ekosistem pada kelas VII SMP IT Cahaya Ummat tahun 2023/2024 (2) mengetahui efektivitas pembelajaran IPA model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar materi Ekosistem pada kelas VII SMP IT Cahaya Ummat tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-Eksperiment dan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Dengan populasi seluruh kelas VII SMP IT Cahaya Ummat, sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas VII A. Teknik pengumpulan data dengan tes soal, angket, dan observasi. Instrumen berupa soal pilihan ganda yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneliti adalah Uji T-Test dengan program SPSS 22.0 meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Jelajah Alam Sekitar sangat membantu proses pembelajaran siswa. Hal tersebut tertera pada data angket sampel yang telah siswa kerjakan. Sebanyak 22 siswa memperoleh jawaban setuju dalam proses pembelajaran. Hasil analisis menggunakan uji t diperoleh nilai t-hitung (13,604) dan t-tabel (2,028). Dikarenakan skor thitung = 13,604 adalah skor mutlak, maka thitung > ttabel. Dinyatakan bahwa nilai dari dengan (Pvalue 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Perolehan data yang dihasilkan dari keaktifan persentase siswa sebesar 83% dan hasil angket siswa sebesar 64,5% dari jumlah kriteria ideal. Dinyatakan bahwa adanya keefektifan model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPIT Cahaya Ummat. Hasil dari penelitian berkontribusi dalam peningkatan partisipasi peserta didik dalam belajar yang ikut andil dalam kepeduliannya terhadap lingkungannya serta melestarikannya sesuai dengan aturan dan perintah sang Maha Pencipta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2024 21:15
Last Modified: 18 Apr 2024 21:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20457

Actions (login required)

View Item View Item