PERAN GURU KLIMATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI ARROSYAD BERGAS LOR KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Diningrum, Aulia Fitra (2024) PERAN GURU KLIMATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI ARROSYAD BERGAS LOR KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AULIA FITRA DININGRUM.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA FITRA DININGRUM.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA FITRA DININGRUM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Diningrum, Aulia Fitra. 2023. Peran Guru Klimator dalam Kegiatan Belajar Mengajar Menggunakan Metode Team Game Tournament (TGT) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Arrosyad Bergas Lor Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestiana, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Guru Klimator, Metode Team Game Tournament, Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran guru klimator dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode team game tournament (TGT) mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial; 2) Kendala yang dihadapi guru klimator dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode team game tournament (TGT) mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial; 3) Solusi yang dilakukan guru klimator unfuk menghadapi kendala pada kegiatan belajar mengajar menggunakan metode team game tournament (TGT) mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MI Arrosyad Bergaslor Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilaksanakan di MI Arrosyad Bergas Lor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru klimator dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode team game tournament mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MI Arrosyad Bergas Lor yaitu keadaan kelas menjadi lebih kondusif, siswa merasa pembelajaran menyenangkan, nyaman, asik, akrab, dan bersemangat dengan menggunakan langkah-langkah presentasi materi, pembentukan kelompok, game tournament serta pemberian hadiah. 2) Kendala guru klimator dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode team game tournament mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MI Arrosyad Bergas Lor adalah guru klimator kurang mampu dalam menyelaraskan materi dengan game turnamen dan siswa mengandalkan murid berkemampuan tinggi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru klimator. 3) Solusi dari kendala guru klimator dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode team game tournament mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MI Arrosyad Bergas Lor adalah menyelaraskan dengan baik setiap pertanyaan dengan kemampuan siswa baik untuk siswa berkemampuan rendah maupun siswa berkemampuan tinggi dan menginovasikan lebih mengenai metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2024 21:33
Last Modified: 18 Apr 2024 21:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item