PENDIDIKAN KETAKWAAN DAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP ISLAM AR-RAHMAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Zudina, Agreita (2024) PENDIDIKAN KETAKWAAN DAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP ISLAM AR-RAHMAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AGREITA ZUDINA 23010190353.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AGREITA ZUDINA 23010190353.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zudina, Agreita. 2024. Pendidikan Ketakwaan dan Karakter Mandiri Pada Siswa Boarding School SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Ketakwaan, Karakter Mandiri, Boarding School Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk pendidikan ketakwaan pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 2) Bentuk karakter mandiri pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 3) Faktor pendukung dan penghambat ketakwaan pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 4) Faktor pendukung dan penghambat karakter mandiri pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, ustadz/ustadzah dan siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pendidikan ketakwaan pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 dilakukan melalui: metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode nasihat. 2) Bentuk karakter mandiri pada siswa boarding school SMP Islam Ar Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 melalui: metode pembiasaan, dan metode keteladanan. 3) Faktor pendukung pendidikan ketakwaan pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 meliputi: partisipasi semua warga sekolah, kesadaran dalam diri siswa, dan sarana prasarana, Adapun untuk faktor penghambatnya meliputi: rasa malas, kesadaran siswa yang rendah dan penggunaan handphone. 4) Faktor pendukung karakter mandiri pada siswa boarding school SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2023/2024 terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: kesadaran dalam diri siswa, sedangkan faktor internalnya adalah dukungan orang tua dan peraturan yang ada di boarding, Adapun untuk faktor penghambatnya terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: rasa malas pada diri siswa dan emosional yang beragam, sedangkan faktor eksternalnya adalah pola asuh orang tua

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2024 15:21
Last Modified: 19 Apr 2024 15:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20464

Actions (login required)

View Item View Item