Sudarmadi, Heri (2024) PENDIDIKAN KARAKTER KEAGAMAAN DAN MENGHARGAI SESAMA PADA SISWA SMK SULTAN FATTAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
HERI SUDARMADI 23010190052.pdf Download (4MB) |
|
Text
HERI SUDARMADI 23010190052.pdf Download (4MB) |
|
Text
HERI SUDARMADI 23010190052.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sudarmadi, Heri. 2022. Skripsi. Pendidikan Karakter Keagamaan dan Menghargai Sesama Pada Siswa SMK Sultan Fattah Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023 : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: pandidikan karakter, menghargai sesama Tujuan penelitian ini untuk mengidentifkasi pendidikan karakter keagamaan dan menghargai sesama pada siswa SMK Sultan Fattah Salatiga dan untuk mengidentifkasi hambatan serta solusi dari pendidikan karakter keagamaan dan menghargai sesama pada siswa SMK Sultan Fattah Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data bersifat induktif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dari triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yaitu: 1) Pendidikan karakter keagamaan berupa kegiatan: shalat dhuha berjamaah, pembacaan Asmaul Husna, tadarus Al-Qur’an, kegiatan ekstrakulikuler, peringatan hari besar Islam, dan lomba keagamaan. 2) Sikap menghargai sesama berupa: budaya 5S, menghargai perbedaan pendapat saat diskusi dikelas, menghindari perundungan, dan keterlibatan siswa dalam mengikuti kegiatan kerja bakti dan bakti sosial. 3) faktor penghambat pendidikan karakter keagamaan yaitu: kepribadian dan lingkungan sosial. Solusi dari faktor diatas: peran guru dan orang tua, peran pondok pesantren di SMK Sultan Fattah Salatiga, peran kegiatan ekstrakulikuler keagamaan di SMK Sultan Fattah Salatiga. 4) faktor penghambat yaitu: faktor lingkungan keluarga, pergaulan bebas, dan media. Solusi dari faktor diatas: memberikan edukasi pentingnya sikap menghargai sesama dan memberikan pengawasan terhadap anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 15:37 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 15:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20465 |
Actions (login required)
View Item |