IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI HUKUM BACAAN KELAS VIII (Studi Komparasi Di MTsN 1 Karanganyar Dan MTsN 8 Sragen Tahun 2022)

Nurdianty, Erika Khusnul (2024) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI HUKUM BACAAN KELAS VIII (Studi Komparasi Di MTsN 1 Karanganyar Dan MTsN 8 Sragen Tahun 2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Erika fix pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Erika fix pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Erika fix pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurdianty, Erika Khusnul, 2023. Implementasi Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Materi Hukum Bacaan Kelas VIII (Studi Komperasi Di MTsN 1 Karanganyar Dan MTsN 8 Sragen Tahun 2022). Tesis Progam Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana IAIN Salatiga.Pembimbing: Prof., Dr., Mansur M.Ag. Kata Kunci : Implementasi, Metode Inkuiri, Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran al-Qur’an Hadist khususnya pada materi hukum bacaan di MTsN 1 Karanganyar dan MTsN 8 Sragen pada Tahun 2022, kendala yang dihadapi dalam penerapan metode inkuiri pembelajaran Al-Qur’an Hadist materi hukum bacaan dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadist menggunakan metode inkuiri materi hukum bacaan pada tahun 2022. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data deskritif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan metode inkuiri berjalan dengan baik. Implementasi pembelajaran dalam menerapkan metode inkuiri ini pelaksanaan kegiatannya terdiri dari enam tahapan diantaranya adalah : orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menyimpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist menggunakan metode inkuiri di MTsN 1 Karanganyar dan MTsN 8 Sragen adalah dalam pembagian kelompok dan materi yang mengenai hukum bacaan terutama materi mad anak kurang memahaminya ketika langsung ditujukkan mencari sendiri dalam Al-Qur’an mungkin untuk secara global anak masih bisa. Solusi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist materi hukum bacaan dengan metode inkuiri di MTsN 1 Karanganyar dan MTsN 8 Sragen diantaranya adalah guru membentu teman tutor sebaya, lebih diberikan latihan soal soal dan tugas-tugas mencari hukum bacaan di Al-Qur’an sesuai materi yang diajarkan jadi anak lebih diarahkan ke pengaplikasiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2024 18:21
Last Modified: 19 Apr 2024 18:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item View Item