STRATEGI DAKWAH PERSIS (PERSATUAN ISLAM) JAWA TENGAH DALAM MENGATASI KRISTENISASI DI DESA SAMIRONO KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH

, Sofie Safikhriyah (2024) STRATEGI DAKWAH PERSIS (PERSATUAN ISLAM) JAWA TENGAH DALAM MENGATASI KRISTENISASI DI DESA SAMIRONO KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Sofie Safikhriyah_Manajemen Dakwah_43020190062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Sofie Safikhriyah_Manajemen Dakwah_43020190062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Sofie Safikhriyah_Manajemen Dakwah_43020190062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SOFIE SAFIKHRIYAH - NIM. 43020190062.pdf

Download (5MB)

Abstract

Safikhriyah, Sofie. 2023. Strategi Dakwah Persis (Persatuan Islam) Jawa Tengah Dalam Mengatasi Kristenisasi di Desa Samirono Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Strategi Dakwah, Mengatasi Kristenisasi Yang hendak dicapai dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi Dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah dalam mengatasi kristenisasi. 2) Dampak dari dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah di Desa Samirono. 3) Faktor-faktor apa saja dalam Dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah di Desa Samirono. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Samirono dan Pimpinan Wilayah Persatuan Islam Jawa tengah. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Yang kemudian setelah data-data terkumpul, peneliti melakukan analisis dengan metode analisis selama pengumpulan data, reduksi dara, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan data penelitian, kemudian di analisis maka dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) Strategi dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah dalam mengatasi kristenisasi di Desa Samirono: dengan mendirikan lembaga Pendidikan, memberikan bantuan sosial, dan melakukan pengajian rutin. 2) Dampak dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah di Desa Samirono: adanya mualaf, membuat hati lebih tenang, menambah lembaga Pendidikan, memberi kedamaian di antara umat beragama. 3) Faktor pendukung Dakwah Persatuan Islam Jawa Tengah di Desa Samirono adalah lingkungan yang mendukung dan adanya Pendidikan gratis. Faktor penghambat dakwah adalah jarak tempuh dakwah yang jauh dan kesadaran masyarakat dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Aliran dan Sekte Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2024 18:48
Last Modified: 19 Apr 2024 18:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item View Item