EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ANUITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Khamidah, Hanik Nur (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ANUITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HANIK NUR KHAMIDAH_23070190012.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HANIK NUR KHAMIDAH_23070190012.pdf

Download (8MB)

Abstract

Khamidah, Hanik Nur. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Anuitas Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi anuitas pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 02 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasy experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. peserta didik kelas XI TPM.A sebagai kelas kontrol dan kelas XI TPM.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 74 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes, angket, observasi, dan jurnal mengajar guru. Data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji N-Gain, dan uji independent sample t-tes. Penelitian ini menunjukkan hasil, yakni: Hasil uji N-Gain sebesar 0,78 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji independent sample t-test terhadap data N-Gain diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan skor data angket sebesar 95,6 dan data observasi sebesar 100 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2024 20:03
Last Modified: 19 Apr 2024 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20479

Actions (login required)

View Item View Item